Telusur KPS

KUALIFIKASI DAN PENDIDIKAN STAF

STANDAR, MAKSUD DAN TUJUAN , ELEMEN PENILAIAN

PERENCANAAN

Standar KPS 1 

Rumah sakit menetapkan pendidikan, ketrampilan, pengetahuan dan persyaratan lain bagi seluruh staf.

Maksud dan Tujuan KPS 1

Pimpinan rumah sakit menetapkan persyaratan khusus bagi posisi staf. Mereka menetapkan tingkat pendidikan, ketrampilan, pengetahuan dan persyaratan lain yang diperlukan sebagai bagian dari upaya memproyeksikan susunan staf untuk memenuhi kebutuhan pasien.

Pimpinan mempertimbangkan faktor berikut ini dalam memproyeksikan/mengestimasi kebutuhan staf :

-       Misi rumah sakit

-       Perpaduan antara pasien yang dilayani oleh rumah sakit dengan kompleksitas serta kepelikan kebutuhan mereka

-       Jenis pelayanan yang disediakan oleh rumah sakit

-       Teknologi yang digunakan oleh rumah sakit dalam asuhan pasien.

Rumah sakit mematuhi peraturan perundangan yang berlaku yang menetapkan tingkat pendidikan, ketrampilan, atau persyaratan lainnya bagi staf atau dalam menetapkan jumlah staf atau perpaduan staf bagi rumah sakit. Pimpinan menggunakan misi rumah sakit dan kebutuhan pasien sebagai persyaratan tambahan terhadap peraturan perundangan yang berlaku.

Elemen Penilaian KPS 1

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Misi rumah sakit, keragaman pasien, pelayanan, dan teknologi yang digunakan dalam perencanaan

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Kepala unit kerja

 

·     Proses perencanaan SDM dalam pola ketenagaan

0

5

10

Acuan:

·     KMK 81/2004 tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan SDM Kesehatan

·     KMK tentang standar profesi tenaga kesehatan

·     Pedoman unit

 

Regulasi RS:

Pola ketenagaan RS

2. Pendidikan, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk semua staf.

·     Persyaratan jabatan untuk masing-masing jabatan dalam pola ketenagaan

0

5

10

3. Peraturan perundangan dan ketentuan yang berlaku dicakup dalam perencanaan.

·     Penetapan pola ketenagaan mengacu dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku

0

5

10

Ø  Standar KPS 1.1.

Tanggung jawab setiap staf dideskripsikan/ditetapkan dalam uraian tugas yang mutakhir.

Ø  Maksud dan Tujuan KPS 1.1.

Masing-masing staf yang tidak memiliki izin praktik mandiri mempunyai tanggung jawab yang ditentukan dalam uraian tugas mutakhirnya. Uraian tugas adalah dasar penugasan mereka, dasar orientasi terhadap  pekerjaan mereka dan dasar evaluasi tentang seberapa baik mereka melaksanakan tanggungjawab tugasnya.

Uraian tugas juga dibutuhkan bagi profesional kesehatan ketika :

a)    Seseorang yang utamanya menjalankan tugas manajerial, seperti manajer departemen/unit kerja atau memiliki tugas ganda, di bidang klinis dan manajerial, dengan tanggung jawab manajerial yang ditetapkan di dalam uraian tugas;

b)    Seseorang yang memiliki beberapa tanggung jawab klinis, dimana dia tidak diberi kewenangan untuk berpraktik mandiri, sama seperti seorang praktisi mandiri yang sedang belajar tugas baru atau keterampilan baru (kewenangan dalam KPS.10 sebagai alternatif );

c)    Seseorang yang sedang dalam program pendidikan dan dibawah supervisi, dan program akademis menetapkan, untuk setiap tahap atau tingkat pelatihan, apa yang dapat dilakukan secara mandiri dan apa yang harus dibawah supervisi. Dalam hal ini, deskripsi program dapat berfungsi sebagai uraian tugas; dan

d)    Seseorang mendapat izin sementara untuk memberikan pelayanan di rumah sakit. (Pemberian kewenangan di KPS.10, sebagai alternatif)

Bila rumah sakit menggunakan uraian tugas nasional atau generik (contoh, uraian tugas bagi “perawat”), maka perlu untuk menambah jenis uraian tugas dengan tanggungjawab tugas yang spesifik sesuai jenis perawat, (misalnya, perawat perawatan intensif, perawat pediatri atau perawat kamar bedah dan sebagainya).

Untuk mereka yang diberi izin praktik mandiri sesuai, undang-undang, ada proses untuk melakukan identifikasi dan otorisasi agar individu dapat praktik berdasarkan pendidikan, pelatihan dan pengalaman. Proses ini ditetapkan di KPS.9untuk staf medis dan di KPS.12untuk  perawat.

Ketentuan standar ini berlaku bagi seluruh tipe staf yang perlu uraian tugas (misalnya,  purna waktu, paruh waktu, karyawan, sukarelawan atau sementara).

Ø  Elemen Penilaian KPS 1.1.

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Setiap anggota staf yang tidak diizinkan praktik mandiri punya uraian tugasnya sendiri. (lihat juga AP.3, EP 5)

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Kepala unit kerja

·     Staf pelaksana

 

·     Uraian tugas masing-masing staf RS

0

5

10

Regulasi RS:

·    Pedoman pengorganisasian rumah sakit dan unit kerja

 

2. Mereka yang termasuk pada a) sampai d) di Maksud dan Tujuan, ketika berada di rumah sakit, punya uraian tugas sesuai dengan aktifitas dan tanggung jawab mereka atau sudah diberi kewenangan sebagai alternatif. (lihat juga AP.3, EP 5)

·     Uraian tugas mereka yang termasuk kategori a) sampai dengan d)

 

0

5

10

3. Uraian tugas mutakhir sesuai kebijakan rumah sakit.

·     Uraian tugas semua jajaran dan staf RS

0

5

10

Ø  Standar KPS 2 

Pimpinan rumah sakit mengembangkan dan mengimplementasikan proses untuk rekruitmen, evaluasi dan penetapan staf serta prosedur terkait lainnya yang ditetapkan oleh rumah sakit.

Maksud dan Tujuan KPS 2

Rumah sakit menyediakan proses yang efisien, terkoordinasi, atau terpusat untuk :

-       penerimaan/rekrutmen individu untuk posisi/jabatan yang tersedia;

-       penilaian/evaluasi pelatihan, keterampilan dan pengetahuan para calon/kandidat,

-       penetapan/appointing individu sebagai staf rumah sakit.

Jika proses ini tidak terpusat, maka kriteria, proses dan bentuk yang mirip menjadi proses yang seragam di seluruh rumah sakit. Kepala departemen dan pelayanan berpartisipasi dengan merekomendasikan jumlah dan kualifikasi dari staf yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan klinis kepada pasien, maupun untuk fungsi pendukung non klinis, dan untuk  memenuhi setiap instruksi atau tanggung jawab  departemen /unit kerja lainnya. Kepala departemen /unit kerja dan pelayanan juga membantu membuat keputusan tentang orang-orang yang ditetapkan sebagai staf. Karenanya, standar dalam bab ini melengkapi standar. Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengaturan yang menguraikan tanggung jawab direktur/kepala  departemen atau pelayanan.

Elemen Penilaian KPS 2

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Disitu ada proses untuk penerimaan /rekruitmen staf. (lihat juga TKP.3.5, EP 1)

·    Pimpinan RS

·    Manajer SDM

 

·     Proses penerimaan staf

0

5

10

Regulasi RS:

·   Kebijakan/Panduan/SPO penerimaan staf

 

Dokumen:

·   SK pengangkatan staf

2. Disitu ada proses untuk mengevaluasi kualifikasi staf baru.

·     Proses evaluasi kualifikasi staf baru

0

5

10

3. Disitu ada proses  pengangkatan/penetapan (appoint) seseorang menjadi staf.

·     Proses penetapan staf

0

5

10

4. Proses tersebut seragam di seluruh rumah sakit

·     Keseragaman proses diseluruh RS

0

5

10

5. Proses tersebut diimplementasikan.

·     Bukti implementasi seluruh proses

0

5

10

Standar KPS 3 

Rumah sakit menggunakan proses yang ditetapkan untuk memastikan bahwa pengetahuan dan ketrampilan staf klinis sesuai dengan kebutuhan pasien.

Maksud dan Tujuan KPS 3

Staf yang kompeten dipekerjakan oleh rumah sakit melalui proses rekruitmen staf yang persyaratannya cocok untuk posisi tertentu dengan kualifikasi calon anggota staf. Proses ini juga memastikan bahwa keterampilan staf pada awalnya dan dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan pasien.

Bagi staf professional kesehatan rumah sakit yang tidak praktik berdasarkan uraian tugas, prosesnya ditetapkan dalam KPS 9 sampai KPS 11.

Bagi staf klinis yang bekerja berdasarkan uraian tugas, prosesnya meliputi :

-       Evaluasi awal untuk memastikan bahwa dia secara aktual menerima tanggungjawabnya sebagaimana ada  di uraian tugas. Evaluasi ini dilaksanakan sebelum atau pada waktu mulai melaksanakan tanggung jawab pekerjaannya. Rumah sakit bisa menetapkan “masa percobaan” atau periode waktu lain dimana staf klinis berada dibawah supervisi yang ketat dan dievaluasi, atau bisa juga proses yang kurang formal. Apapun prosesnya, rumah sakit memastikan bahwa staf yang memberikan pelayanan yang berisiko tinggi atau memberikan asuhan kepada pasien dengan risiko tinggi dievaluasi pada saat mereka memulai memberikan pelayanan. Evaluasi demikian terhadap ketrampilan dan pengetahuan yang diperlukan serta perilaku kerja yang diharapkan dilaksanakan oleh departemen/unit kerja atau pelayanan dimana staf ditugaskan.  Rumah sakit kemudian menetapkan proses untuk, dan frekuensi evaluasi atas kemampuan staf secara terus-menerus.

Evaluasi yang terus-menerus memastikan bahwa pelatihan dilaksanakan jika dibutuhkan dan bahwa staf dapat menerima tanggung jawab baru atau perubahan tanggung jawab. Walaupun evaluasi dilakukan sebaik-baiknya secara berkelanjutan, setidaknya ada satu evaluasi didokumentasikan setiap tahun untuk setiap staf klinis yang bekerja berdasarkan uraian tugas. (Evaluasi dari mereka yang mendapat izin bekerja mandiri ditemukan pada KPS 11).

Elemen Penilaian KPS 3

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Rumah sakit menggunakan proses yang ditetapkan untuk mencocokkan pengetahuan dan ketrampilan staf klinis dengan kebutuhan pasien. (lihat juga PP.6, EP 4)

·     Pimpinan RS

·     Ketua Komite Medik

·     Ketua dan anggota Subkomite Kredensi

 

·     Proses kredensial  untuk staf klinis

0

5

10

 

Regulasi RS:

·     Peraturan Internal Staf Medis

 

Dokumen:

·     Bukti evaluasi

2. Anggota staf klinis baru dievaluasi saat mereka mulai menjalankan tanggung jawab pekerjaannya.

·     Proses evaluasi staf klinis baru

0

5

10

3. Departemen/unit kerja atau pelayanan, dimana individu ditempatkan, melakukan evaluasi

·     Proses evaluasi oleh unit kerja

0

5

10

4. Rumah sakit menetapkan frekuensi evaluasi berkelanjutan terhadap staf klinis tersebut

·     Regulasi RS tentang frekuensi evaluasi berkelanjutan terhadap staf klinis

0

5

10

5. Sekurang-kurangnya ada satu evaluasi yang didokumentasikan terhadap setiap staf klinis yang bekerja berdasar uraian tugas, atau lebih sering sebagaimana ditetapkan rumah sakit.

·     Pendokumentasian evaluasi staf klinis

 

0

5

10

Standar KPS 4 

Rumah sakit menggunakan proses yang ditetapkan untuk memastikan bahwa pengetahuan dan ketrampilan staf non klinis konsisten dengan kebutuhan rumah sakit serta persyaratan jabatan. 

Maksud dan Tujuan KPS 4

Rumah sakit mencari staf yang dapat secara kompeten memenuhi persyaratan jabatan nonklinis. Supervisor dari staf tersebut  memberikan orientasi tentang jabatan tersebut dan memastikan para petugas tersebut dapat melaksanakan tanggung jawabnya sesuai uraian tugas. Staf tersebut harus mendapatkan tingkat supervisi/pengawasan yang dibutuhkan dan secara berkala dilakukan evaluasi untuk memastikan berlanjutnya kompetensi  pada jabatannya.

Elemen Penilaian KPS 4

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Rumah sakit menggunakan proses yang ditetapkan untuk mencocokkan pengetahuan dan ketrampilan staf nonklinis dengan persyaratan jabatannya. (lihat juga AP.5.2, EP 2 dan 3, dan AP.6.3, EP 2 dan 3)

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Ketua unit/department terkait

 

 

·     Proses penerimaan staf non-klinis yang sesuai dengan persyaratan jabatan

0

5

10

Dokumen:

·    Bukti proses penerimaan staf dan evaluasi berkelanjutan

·    Bukti evaluasi

2. Staf nonklinis yang baru dievaluasi pada saat mulai menjalankan tugas tanggungjawab pekerjaannya.

·     Proses evaluasi staf klinis baru

0

5

10

3. Departemen/Unit kerja atau pelayanan dimana individu ditugaskan melakukan evaluasi

·     Proses evaluasi oleh unit kerja

0

5

10

4. Rumah sakit menetapkan frekuensi dari evaluasi terhadap staf nonklinis.

·     Regulasi RS tentang frekuensi evaulasi berkelanjutan terhadap staf klinis

0

5

10

5. Sekurang-kurangnya ada satu evaluasi yang didokumentasikan setiap tahun, terhadap staf non klinis, atau lebih sering, sebagaimana ditetapkan rumah sakit.

·     Pendokumentasian evaluasi staf klinis

 

0

5

10

Standar KPS 5 

Ada informasi kepegawaian yang didokumentasikan untuk setiap staf.

 

Maksud dan Tujuan KPS 5

Setiap staf di rumah sakit mempunyai catatan kepegawaian dengan informasi tentang kualifikasinya, , hasil evaluasi dan riwayat pekerjaan. Proses dan catatan untuk staf klinis profesi kesehatan, termasuk mereka yang diizinkan oleh undang-undang dan rumah sakit untuk praktik/bekerja mandiri, diuraikan di KPS 9 untuk staf medis, KPS 12 untuk staf perawat dan KPS 15 untuk staf professional kesehatan lainnya. Catatan distandarisasi dan selalu dimutakhirkan sesuai kebijakan rumah sakit.

Elemen Penilaian KPS 5

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Informasi kepegawaian dipelihara untuk setiap staf

·     Manajer SDM

·     Staf pelaksana kepegawaian

·     Regulasi tentang pemeliharaan informasi kepegawaian

0

5

10

Dokumen:

·   File kepegawaian

2. File kepegawaian berisi kualifikasi staf tersebut

·     Dalam file kepegawaian ada bukti kualifikasi staf

0

5

10

3. File kepegawaian berisi uraian tugas dari staf tersebut, bila ada

·     Adanya uraian tugas untuk staf

0

5

10

4. File kepegawaian berisi riwayat pekerjaan dari staf

·     Dalam file kepegawaian ada riwayat pekerjaan (CV)

0

5

10

5. File kepegawaian berisi hasil evaluasi

·     Dalam file kepegawaian ada bukti hasil evaluasi

0

5

10

6. File kepegawaian berisi catatan pendidikan in-service yang diikutinya 

·     Dalam file kepegawaian ada catatan pelatihan yang diikuti

0

5

10

7. File kepegawaian distandarisasi dan tetap mutakhir

·     Pemutakhiran file kepegawaian

0

5

10

Standar KPS 6

Rencana susunan kepegawaian rumah sakit dikembangkan bersama-sama oleh para pimpinan, dengan  menetapkan jumlah, jenis dan kualifikasi staf yang diinginkan

Ø  Standar KPS 6.1.

Rencana susunan kepegawaian direview secara terus-menerus dan diperbaharui/di-update sesuai kebutuhan.

Maksud dan Tujuan KPS 6 dan KPS 6.1.

Susunan kepegawaian yang tepat dan adekuat/mencukupi adalah penting bagi asuhan pasien, demikian pula untuk semua kegiatan pengajaran dan penelitian dimana rumah sakit mungkin diikut sertakan. Perencanaan staf dilaksanakan oleh para pimpinan rumah sakit. Proses perencanaan menggunakan metode yang diakui untuk menentukan  jenjang kepegawaian. Contoh, sistem ketajaman (acuity) pasien digunakan untuk menetapkan jumlah perawat yang berlisensi dengan pengalaman perawatan pediatrik intensif untuk  ditempatkan di unit perawatan intensif pediatrik 10-tempat-tidur.

Rencana ini ditulis dan mengidentifikasi jumlah serta jenis staf yang dibutuhkan dengan keterampilan, pengetahuan dan ketentuan lain yang dibutuhkan oleh masing-masing departemen/unit kerja dan pelayanan. Rencana tersebut mengatur :

-       penugasan kembali staf dari satu unit kerja atau pelayanan ke unit kerja atau pelayanan lainnya dalam menjawab perubahan kebutuhan pasien atau kekurangan staf

-       pertimbangan dalam permintaan staf untuk ditugaskan kembali berdasarkan nilai budaya atau kepercayaan agama

-       kebijakan dan prosedur untuk alih/transfer tanggung jawab dari satu petugas ke petugas lainnya (seperti, dari dokter ke perawat) bila tanggung jawab itu berada di luar wilayah tanggung jawab yang biasa dari petugas tersebut.

Susunan kepegawaian yang aktual dan direncanakan dimonitor terus-menerus dan rencana terebut di-update sesuai kebutuhan. Bila dimonitor pada tingkat departeman dan pelayanan, ada proses kerjasama agar para pimpinan rumah sakit dapat memperbaharui/ meng-update rencana secara keseluruhan.

Elemen Penilaian KPS 6

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Ada rencana tertulis untuk penempatan staf/susunan kepegawaian di rumah sakit

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Staf pelaksana kepegawaian

·   Penetapan perencanaan SDM

0

5

10

Dokumen:

·      Pola ketenagaan rumah sakit

·      Proses penetapan pola ketenagaan

·      Administrasi terkait proses kepegawaian dalam mutasi staf rumah sakit

2. Pimpinan mengembangkan rencana tersebut secara kolaboratif

·   Proses penetapan perencanaan SDM

0

5

10

3. Jumlah, jenis dan kualifikasi staf yang dibutuhkan di identifikasi dalam rencana dengan menggunakan metode penyusunan pegawai/ penempatan staf  yang diakui. (lihat juga AP.6.3, EP 5)

·   Penetapan perencanaan SDM didasarkan pada pola ketenagaan yang ditetapkan berdasarkan ketentuan/pedoman yang berlaku

0

5

10

4. Rencana mengatur penugasan dan penugasan kembali staf

·   Proses penetapan penugasan staf

0

5

10

5. Rencana mengatur transfer/alih tanggung jawab dari petugas yang satu kepada yang lain

·   Penetapan tentang pelaksanaan alih tanggung jawab

0

5

10

Ø  Elemen Penilaian KPS 6.1.

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Efektifitas rencana penempatan staf/susunan kepegawaian dimonitor secara terus-menerus

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Staf pelaksana kepegawaian

·   Pelaksanaan evaluasi penempatan staf dan pola ketenagaan

0

5

10

Dokumen:

·     Bukti evaluasi

·     Revisi pola ketenagaan

2. Rencana direvisi dan diperbaharui bila perlu

·   Pelaksanaan revisi pola ketenagaan

0

5

10

ORIENTASI DAN PENDIDIKAN

Standar KPS 7 

Seluruh staf, baik klinis maupun nonklinis diberikan orientasi tentang rumah sakit, departemen/ unit kerja atau unit dimana mereka ditugaskan dan tentang tugas tanggung jawab mereka yang spesifik saat mereka diangkat sebagai staf.

Maksud dan Tujuan KPS 7

Keputusan untuk mengangkat seseorang sebagai staf rumah sakit menimbulkan terjadinya beberapa proses. Agar berkinerja baik, staf baru, apapun status kepegawaiannya, perlu mengenal keseluruhan rumah sakit dan bagaimana tanggungjawabnya yang spesifik/khusus klinis atau nonklinis berkontribusi pada misi rumah sakit. Ini dapat dicapai melalui orientasi umum tentang rumah sakit dan tugasnya di rumah sakit serta orientasi yang spesifik tentang tugas tanggung jawab dalam jabatannya.  Orientasi tersebut termasuk pelaporan medical error, pencegahan dan pengendalian infeksi, kebijakan rumah sakit terhadap perintah medikasi melalui telepon dan sebagainya. (lihat juga TKP.5.4, EP 1 dan 2, dan PPI.11, EP 4)

Pekerja kontrak, tenaga sukarela dan mahasiswa/trainee juga diberikan orientasi tentang rumah sakit dan penugasan atau tanggungjawab khusus/spesifik mereka, seperti keselamatan pasien serta pencegahan dan pengendalian infeksi.

Elemen Penilaian KPS 7

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Anggota staf klinis dan nonklinis baru diberikan orientasi tentang rumah sakit, tentang unit kerja atau unit dimana mereka ditugaskan dan tentang tanggungjawab pekerjaan serta setiap penugasan khusus.

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Kepala unit diklat

·     Staf pelaksana kepegawaian

·     Staf pelaksana diklat

·   Pelaksanaan orientasi staf baru

0

5

10

Regulasi RS:

·     Orientasi umum rumah sakit

·     Orientasi khusus pada masing-masing unit kerja

2. Pekerja kontrak diberikan orientasi tentang rumah sakit, tentang unit kerja dan unit dimana mereka ditugaskan dan tentang tanggungjawab pekerjaan serta setiap penugasan khusus mereka.

·   Pelaksanaan orientasi karyawan kontrak (outsourcing)

0

5

10

3. Tenaga sukarela diberikan orientasi tentang rumah sakit dan tanggungjawab yang diberikan

·   Pelaksanaan orientasi tenaga sukarela kalau ada

0

5

10

4.    Mahasiswa/trainee dilakukan orientasi pada rumah sakit dan tanggungjawab yang diberikan

·   Pelaksanaan orientasi mahasiswa atau pelajar magang

0

5

10

Standar KPS 8

Setiap staf memperoleh pendidikan dan pelatihan yang in-service berkelanjutan, maupun yang lain untuk menjaga atau meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya

Maksud dan Tujuan KPS 8

Rumah sakit mengambil data dari berbagai sumber untuk mengetahui kebutuhan pendidikan berkelanjutan bagi staf. Hasil kegiatan pengukuran terhadap kualitas dan keselamatan merupakan salah satu sumber informasi untuk mengidentifikasi kebutuhan pendidikan bagi staf. Juga, data monitoring dari program manajemen fasilitas, pengenalan area-area teknologi baru, ketrampilan dan pengetahuan, diidentifikasi melalui review kinerja, prosedur klinis baru, dan rencana masa depan untuk menyediakan pelayanan baru merepresentasikan sumber data tersebut. Rumah sakit punya proses untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber untuk merencanakan program pendidikan staf. Juga, rumah sakit menentukan staf yang mana, seperti staf profesional kesehatan, diharuskan untuk memperoleh pendidikan berkelanjutan guna menjaga kredensial mereka dan bagaimana pendidikan staf ini dimonitor dan didokumentasikan. (lihat juga TKP.3.5, EP 3)

Untuk menjaga kinerja staf yang baik/akseptabel, untuk mengajarkan ketrampilan baru dan memberikan pelatihan untuk peralatan dan prosedur baru, rumah sakit menyediakan atau merancang fasilitas, pendidik dan waktu bagi pendidikan in-service dan pendidikan lainnya yang berkelanjutan. Pendidikan ini relevan untuk setiap staf dan juga untuk kemajuan rumah sakit yang berlanjut dalam memenuhi kebutuhan pasien. Contohnya, staf medis mungkin menerima pendidikan dalam pencegahan dan pengendalian infeksi, peningkatan praktik kedokteran yang berkelanjutan, atau penggunaan teknologi baru. Setiap keberhasilan pendidikan staf didokumentasikan dalam berkas kepegawaian staf tersebut.

Sebagai tambahan, setiap rumah sakit mengembangkan dan mengimplementasikan program kesehatan dan keselamatan staf yang layak bagi kebutuhan kesehatan staf serta menyangkut keselamatan rumah sakit maupun staf.

Elemen Penilaian KPS 8

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Rumah sakit menggunakan berbagai sumber data dan informasi, termasuk hasil kegiatan pengukuran kegiatan mutu dan keselamatan, untuk mengidentifikasi kebutuhan pendidikan staf.

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Staf pelaksana kepegawaian

·   Proses identifikasi kebutuhan pelatihan sesuai kebutuhan kegiatan peningkatan mutu dan keselamatan pasien

0

5

10

Acuan:

·      Standar profesi

 

Regulasi RS:

·     RKA

·     Program diklat

 

Dokumen:

·     Bukti pelaksanaan pelatihan

·     Sertifikat pelatihan

2. Program pendidikan direncanakan berdasarkan data dan informasi tersebut.

·   Proses perencanaan pelatihan

0

5

10

3. Staf rumah sakit diberi pendidikan dan pelatihan in-service secara terus-menerus. (lihat juga  AP.5.1, EP6, dan AP.6.2, EP 7)

·   Pelaksanaan pelatihan karyawan secara kontinyu

0

5

10

4. Pendidikan tersebut relevan dengan kemampuan staf untuk memenuhi kebutuhan pasien dan/atau persyaratan pendidikan berkelanjutan. (lihat juga  AP.5.1, EP 6 dan AP.6.2, EP 7)

·   Pelatihan yang dilaksanakan sesuai dengan kompetensi dalam standar profesi

0

5

10

Ø  Standar KPS 8.1.

Staf yang memberikan asuhan pasien dan staf lain yang diidentifikasi oleh rumah sakit dilatih dan dapat menunjukkan kompetensi yang layak dalam teknik resusitasi.

Ø  Maksud dan Tujuan KPS 8.1.

Setiap rumah sakit mengidentifikasi staf mana yang perlu mendapat pelatihan dalam teknik resusitasi dan tingkat pelatihannya (dasar atau lanjut) sesuai dengan tugas mereka di rumah sakit.

Tingkat pelatihan yang tepat bagi mereka yang diidentifikasi diulang berdasarkan persyaratan dan/atau kerangka waktu yang diidentifikasi oleh program pelatihan  yang diakui, atau setiap dua tahun jika program pelatihan yang diakui tidak digunakan. Ada bukti yang  menunjukkan bahwa setiap staf yang mengikuti pelatihan memang mencapai tingkat kompetensi yang diinginkan.

Ø  Elemen Penilaian KPS 8.1.

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Staf yang memberikan asuhan pasien dan staf lain yang diidentifikasi oleh rumah sakit untuk dilatih dalam cardiac life support yang ditetapkan.

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Kepala unit diklat

·     Staf pelaksana diklat

·   Pelaksanaan pelatihan CPR/RJP

0

5

10

Regulasi RS:

·     RKA

·     Program diklat

 

Dokumen:

·     Bukti pelaksanaan pelatihan

·     Sertifikat pelatihan

2. Tingkat pelatihan yang tepat diberikan dengan frekuensi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan staf.

·   Pelatihan yang diberikan secara teratur untuk mempertahankan kemampuan staf dalam CPR/RJP

0

5

10

3. Ada bukti yang menunjukkan bahwa seorang staf lulus pelatihan tersebut.

·   Kriteria kelulusan pelatihan

0

5

10

4. Tingkat pelatihan yang diinginkan untuk setiap individu diulang berdasarkan persyaratan dan/ atau kerangka waktu yang ditetapkan oleh program pelatihan yang diakui, atau setiap dua tahun bila program pelatihan yang diakui itu tidak digunakan

·   Proses pelatihan ulang sesuai dengan kebutuhan masing-masing staf

0

5

10

Ø  Standar KPS 8.2.

Rumah sakit menyediakan fasilitas dan waktu untuk pendidikan dan pelatihan staf.

Ø  Maksud dan Tujuan KPS 8.2.

Ada komitmen pimpinan rumah sakit untuk mendukung pendidikan, in-service berkelanjutan dengan menyiapkan ruangan, peralatan dan waktu untuk program pendidikan dan pelatihan. Tersedianya informasi ilmiah mutakhir mendukung pendidikan dan pelatihan tersebut.

Pendidikan dan pelatihan tersebut dapat dilaksanakan di lokasi yang terpusat atau di sejumlah tempat yang lebih kecil di dalam fasilitas untuk belajar dan peningkatan ketrampilan. Pendidikan dapat ditawarkan sekaligus kepada semua atau berkali-kali kepada staf secara bergiliran untuk meminimalisir dampak terhadap kegiatan asuhan pasien.

Ø  Elemen Penilaian KPS 8.2.

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Rumah sakit menyediakan fasilitas dan peralatan untuk pendidikan dan pelatihan staf yang in-service

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Kepala unit diklat

·     Staf pelaksana diklat

·      Fasilitas yang tersedia untuk diklat

0

5

10

Regulasi RS:

·     RKA

·     Program diklat

·     Program unit kerja

 

Dokumen:

·     Bukti pelaksanaan pelatihan

·     Sertifikat pelatihan

2. Rumah sakit menyediakan waktu yang cukup/adekuat bagi semua staf untuk berpartisipasi dalam kesempatan pendidikan dan pelatihan yang relevan

·      Alokasi waktu pelatihan untuk masing-masing staf

0

5

10

Ø  Standar KPS 8.3.

Pendidikan professional kesehatan, bila dilakukan di dalam rumah sakit, berpedoman pada parameter pendidikan yang ditetapkan oleh  program akademis yang mensubsidi.

Ø  Maksud dan Tujuan KPS 8.3.

Seringkali rumah sakit menjadi sarana klinis untuk pelatihan mahasiswa kedokteran, keperawatan, praktisi kesehatan lain dan mahasiswa lainnya. Bila rumah sakit berpartisipasi dalam program pelatihan demikian, rumah sakit :

-       menyiapkan mekanisme untuk pengawasan terhadap program;

-       memperoleh dan menerima parameter dari program akademis yang mensubsidi;

-       mempunyai catatan lengkap dari semua peserta pelatihan/trainee di rumah sakit;

-       mempunyai dokumentasi dari status pendaftaran, perizinan atau sertifikasi yang diperoleh, dan klasifikasi akademis dari peserta pelatihan;

-       memahami dan menyediakan tingkat supervisi untuk setiap jenis dan tingkat peserta pelatihan;

-       mengintegrasikan peserta pelatihan dalam orientasi tentang rumah sakit, program mutu, keselamatan pasien, pencegahan dan pengendalian infeksi, dan program lainnya.

Ø  Elemen Penilaian KPS 8.3.

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1.    Rumah sakit menyediakan mekanisme untuk pengawasan program pelatihan

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Kepala unit diklat

·     Staf pelaksana diklat

·   Proses evaluasi program pelatihan

0

5

10

Regulasi RS:

·     RKA

·     Program diklat

·     Program unit kerja

 

Dokumen:

·     SK clinical instructur

·     Bukti pelaksanaan pelatihan

·     Sertifikat pelatihan

2.    Rumah sakit mendapatkan dan menerima parameter dari program akademis yang mensubsidi;

·   Laporan akademik bagi staf yang mengikuti pendidikan dengan biaya rumah sakit

0

5

10

3.    Rumah sakit memiliki catatan lengkap dari semua peserta pelatihan di dalam rumah sakit

·   Data staf yang mengikuti pelatihan di rumah sakit

0

5

10

4.    Rumah sakit memiliki dokumentasi dari status pendaftaran, perizinan atau sertifikasi yang diperoleh dan kualifikasi klasifikasi akademis dari para peserta pelatihan.

·   Data izin, ijasah dan sertifikat pelatihan staf rumah sakit

0

5

10

5.    Rumah sakit memahami dan menyediakan tingkat supervisi yang dipersyaratkan untuk setiap jenis dan tingkat peserta pelatihan

·   Tersedianya nara sumber dan clinical instructur yang kompeten

0

5

10

6.    Rumah sakit mengintegrasikan peserta pelatihan ke dalam orientasinya, program mutu, keselamatan pasien, pencegahan dan pengendalian infeksi, dan program lainnya.

·   Pelaksanaan orientasi dan pelatihan yang terintegrasi dengan program mutu, keselamatan pasien dan PPI

0

5

10

Ø  Standar KPS 8.4.

Rumah sakit menyediakan program kesehatan dan keselamatan staf

Ø  Maksud dan Tujuan KPS 8.4.

Program kesehatan dan keselamatan staf rumah sakit penting untuk menjaga kesehatan, kepuasan, dan produktifitas staf. Keselamatan staf juga menjadi bagian dari program mutu dan keselamatan pasien rumah sakit. Bagaimana rumah sakit memberi orientasi dan melatih staf, menyediakan tempat kerja yang aman, memelihara peralatan biomedis dan peralatan lainnya, mencegah atau mengendalikan infeksi yang terkait pelayanan kesehatan, dan berbagai faktor lain yang menentukan kesehatan dan kesejahteraan staf. (lihat juga PPI.5.1, EP 2)

Program kesehatan dan keselamatan staf dapat ditempatkan  di rumah sakit atau diintegrasikan dengan program eksternal. Bagaimanapun susunan kepegawaian dan struktur dari program tersebut, staf memahami bagaimana cara melapor, memperoleh pengobatan dan menerima konseling serta tindak lanjut atas cedera seperti tertusuk jarum, terpapar penyakit infeksius, identifikasi risiko dan kondisi fasilitas yang membahayakan, dan masalah kesehatan maupun masalah keselamatan lainnya. Program tersebut dapat juga menyediakan skrining kesehatan pada awal diterima bekerja, imunisasi pencegahan dan pemeriksaan kesehatan berkala, pengobatan untuk penyakit akibat kerja yang umum, seperti cedera punggung, atau cedera lain yang lebih urgen/genting.

Rancangan program mencakup masukan dari staf dan memakai sumber klinis di rumah sakit maupun yang di masyarakat.

Ø  Elemen Penilaian KPS 8.4.

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Pimpinan dan staf rumah sakit merencanakan program kesehatan dan keselamatan

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Kepala unit diklat

·     Staf pelaksana diklat

·   Perencanaan program K3RS

0

5

10

Regulasi RS:

·     Program kerja K3 RS

·     Program pelayanan kesehatan staf

·     Program vaksinasi dan imunisasi

·     SPO penangan staf yg terpapar penyakit infeksius terkait program PPI

2. Program ini merespons kebutuhan staf yang urgen maupun nonurgen melalui pengobatan langsung dan rujukan

·   Pelaksanaan pelayanan kesehatan staf rumah sakit

0

5

10

3. Data program menginformasikan program mutu dan  keselamatan rumah sakit

·   Pelaksanaan program mutu dan K3RS

0

5

10

4. Ada kebijakan tentang pemberian vaksinasi dan imunisasi bagi staf

·   Pemberian vaksinasi dan imunisasi untuk staf rumah sakit

0

5

10

5. Ada kebijakan tentang evaluasi, konseling, dan tindak lanjut terhadap staf yang terpapar penyakit infeksius, yang dikoordinasikan dengan program pencegahan dan pengendalian infeksi. (lihat juga PPI.5, EP 2)

·      Proses penanganan staf rumah sakit yang terpapar penyakit infeksius, terkait dengan program PPI

0

5

10

STAF MEDIS

Menentukan keanggotaan Staf Medis

·         Standar KPS 9 

Rumah sakit mempunyai proses yang efektif untuk mengumpulkan, memverifikasi, mengevaluasi kredensial/bukti-bukti keahlian/kelulusan (izin/lisensi, pendidikan, pelatihan, kompetensi dan pengalaman) dari staf medis yang diizinkan untuk memberikan asuhan pasien tanpa supervisi.

Ø  Standar KPS 9.1.

Pimpinan membuat keputusan yang diinformasikan tentang pembaharuan izin bagi setiap anggota staf medis dapat melanjutkan memberikan pelayanan asuhan pasien sekurang-kurangnya setiap tiga tahun

Maksud dan Tujuan KPS 9 dan KPS 9.1

Staf medis dijabarkan sebagai semua dokter dan dokter gigi, dan profesional lain yang diberi izin untuk praktik independen/mandiri (tanpa supervisi) dan yang memberikan pelayanan preventif, kuratif, restoratif, bedah, rehabilitatif atau pelayanan medis lain atau pelayanan gigi kepada pasien; atau yang memberikan pelayanan interpretatif kepada pasien, seperti patologi, radiologi atau pelayanan laboratorium, tanpa memandang klasifikasi penugasan oleh rumah sakit, status kepegawaian, kontrak, atau kerjasama lain dengan individu untuk memberikan pelayanan asuhan pasien. Orang-orang ini ini penanggung jawab utama atas asuhan pasien dan hasil asuhan. Karenanya, rumah sakit sangat bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap praktisi kompeten untuk memberikan asuhan dan pengobatan yang aman dan efektif kepada pasien.

Rumah sakit mengasumsikan akuntabilitas ini dengan :

·     memahami peraturan perundangan yang berlaku, yang mengidentifikasi mereka yang diizinkan untuk bekerja mandiri dan memastikan bahwa rumah sakit juga mengizinkan praktisi tersebut bekerja mandiri di rumah sakit;

·     mengumpulkan semua kredensial yang ada dari para praktisi meliputi sekurang-kurangnya, bukti pendidikan dan pelatihan, bukti surat izin; bukti kompetensi terkini melalui informasi dari rumah sakit lain dimana praktisi tersebut berpraktik, dan juga surat rekomendasi dan/atau informasi lain yang bisa diperoleh rumah sakit, seperti antara lain riwayat kesehatan, foto;

·     verifikasi informasi penting seperti surat tanda registrasi surat izin terkini, khususnya bila dokumen dimaksud diperbaharui secara berkala, dan setiap sertifikat serta bukti menyelesaikan pendidikan pasca sarjana.

Rumah sakit perlu melakukan segala upaya untuk mem-verifikasi informasi yang esensial, sekalipun bila pendidikan dilakukan diluar negeri dan di masa jauh sebelumnya. Website yang aman, konfirmasi melalui telepon dari berbagai sumber terdokumentasi, konfirmasi tertulis, dan pihak ketiga, seperti ditetapkan kantor resmi pemerintah atau non pemerintah dapat digunakan.

Kepatuhan terhadap standar  mengharuskan verifikasi  atas krendensial individu harus berasal dari sumber utama. Untuk maksud memenuhi persyaratan ini secara bertahap, verifikasi sumber utama diperlukan untuk praktisi baru dimulai empat bulan sebelum survei awal akreditasi. Semua praktisi lainnya harus mempunyai verifikasi dari sumber utama pada saat survei akreditasi rumah sakit tiga tahunan.

Ini dicapai selama periode tiga tahun, berdasarkan suatu rencana yang memberikan prioritas pada verifikasi  kredensial bagi praktisi aktif yang melaksanakan pelayanan berisiko tinggi.

Catatan : Persyaratan ini ditujukan hanya untuk verifikasi kredensial. Semua praktisi medis memiliki kredensial yang dikumpulkan dan direview dan memiliki kewenangan tertentu. Tidak ada tahapan untuk proses ini.

Bila verifikasi tidak dimungkinkan, seperti hilangnya catatan karena bencana, maka hal ini didokumentasikan.

Rumah sakit mengumpulkan dan memelihara setiap file kredensial masing-masing praktisi. Proses tersebut berlaku untuk semua jenis dan tingkatan staf  (karyawan tetap, tenaga honor, tenaga kontrak dan tenaga tamu).

Rumah sakit mereview file setiap staf medis pada awal penugasan dan kemudian sekurang-kurangnya setiap tiga tahun untuk memastikan bahwa staf medis mendapat izin yang terbaru, tidak ada kompromi pelanggaran disiplin dengan agen pemberi izin dan sertifikat, memiliki dokumentasi yang cukup untuk memperoleh kewenangan baru atau diperluas di rumah sakit, dan secara fisik maupun mental mampu melakukan asuhan dan pengobatan pasien tanpa supervisi. Kebijakan rumah sakit mengidentifikasi individu atau mekanisme pertanggungjawaban terhadap review  ini, setiap kriteria digunakan untuk membuat keputusan, dan bagaimana keputusan akan didokumentasikan.

 Elemen Penilaian KPS 9

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1.    Mereka yang memperoleh izin berdasarkan peraturan perundangan dan dari rumah sakit untuk melakukan asuhan pasien tanpa supervisi diidentifikasi.

·     Pimpinan RS

·     Ketua Komite Medik

·     Ketua Subkomite Kredensi

·     Manajer SDM

·     Kepala unit

·     Staf pelaksana pelayanan

·   Penetapan  staf rumah sakit yang dapat melaksanakan asuhan pasien secara mandiri (SPK  dg RKK)

0

5

10

 

Dokumen:

·      Penetapan dan pengumuman staf medis yang dapat melakukan asuhan pasien secara mandiri (SPK dgn RKK) 

·      Proses dan data kredensialing

·      Verifikasi ijasah dan STR dari sumber aslinya

2.    Kredensial yang diperlukan (antara lain : pendidikan, surat izin, registrasi) sesuai peraturan dan kebijakan rumah sakit bagi setiap anggota staf medis dicopy oleh rumah sakit dan disimpan dalam file kepegawaian atau dalam file kredensial yang terpisah bagi setiap anggota staf medis.

·   Proses kredensial dan dokumentasinya

0

5

10

 

3.    Semua kredensial (antara lain pendidikan, surat izin, registrasi) diverifikasi dengan sumber yang mengeluarkan kredensial sebelum individu tersebut mulai memberikan pelayanan kepada pasien.

·   Proses verifikasi  ijasah dan surat tanda registrasi dari sumber aslinya

0

5

10

 

4.    Semua kredensial dalam file (antara lain pendidikan, surat izin , registrasi) terkini dan terupdate sesuai persyaratan.

·   Proses pemutakhiran data kredensial

0

5

10

 

5.    Pada penugasan awal, dibuat pengumuman tentang ketentuan kualifikasi terkini dari seseorang untuk memberikan  pelayanan asuhan pasien.

·   Pengumuman kualifikasi terkini dari staf  medis baru untuk dapat memberikan pelayanan kpd pasien (SPK dan RKK diumumkan)

0

5

10

Ø  Elemen Penilaian KPS 9.1.

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Ada yang diuraikan dalam kebijakan untuk mereview file kredensial setiap staf medis secara berkala yang seragam sekurang-kurangnya setiap  tiga tahun sekali.

·     Pimpinan RS

·     Ketua Komite Medik

·     Ketua Subkomite Kredensi

·     Manajer SDM

·     Staf pelaksana pengurusan izin

·   Pelaksanaan review file kredensial staf medis (rekredensial) minimal 3 tahun sekali oleh sub komite kredensial

0

5

10

 

Dokumen RS:

·      Bukti proses rekredensial

·      Penetapan SPK dg RKK oleh direktur

·      Bukti perpanjangan SPK dg RKK

2. Ada petugas-petugas tertentu yang ditugaskan membuat keputusan resmi dalam rangka memperbaharui izin bagi setiap anggota staf medis untuk melanjutkan pemberian pelayanan asuhan medis di rumah sakit.

·   Penetapan SPK dg RKK oleh direktur

0

5

10

 

3. Keputusan tentang pembaharuan tersebut didokementasikan dalam file kredensial dari anggota staf medis tersebut.

·   Dokumentasi perpanjangan SPK dg RKK

0

5

10

 

STAF MEDIS

Penetapan Kewenangan Klinik

Standar KPS 10 

Rumah sakit mempunyai tujuan yang terstandar, prosedur berbasis bukti untuk memberi wewenang kepada  semua anggota staf medis untuk menerima pasien dan memberikan pelayanan klinis lainnya konsisten/sesuai dengan kualifikasi.

Maksud dan Tujuan KPS 10

Penentuan kompetensi klinis terkini dan membuat keputusan tentang staf medis tertentu akan diberi izin untuk memberikan pelayanan klinis apa saja, disebut “privileging”, dalam penentuan yang paling kritis bagi rumah sakit untuk menjaga keselamatan pasien dan lebih lanjut dalam menjaga kualitas pelayanan klinis.

Keputusan tentang pemberian kewenangan tersebut dibuat sebagai berikut :

1.       Rumah sakit memilih proses yang distandardisir untuk mengidenfikasi pelayanan klinis bagi setiap individu. Pada penugasan awal di rumah sakit, kredensial yang diidentifikasikan pada KPS 9 akan menjadi dasar utama untuk menentukan kewenangan/privilege. Bila tersedia, surat-surat/berkas dari tempat praktik/kerja sebelumnya, dari sejawat seprofesi, penghargaan dan sumber informasi lainnya juga dipertimbangkan.

2.       Pada penugasan ulang, setiap tiga tahun, rumah sakit mencari dan menggunakan informasi tentang area kompetensi mum dari praktisi klinis berikut ini :

  1. Asuhan pasien---praktisi memberikan asuhan pasien dengan kasih, tepat dan efektif untuk promosi kesehatan, pencegahan penyakit,  pengobatan penyakit dan pelayanan sampai akhir hayat.
  2. Pengetahuan medis/klinis---dalam ilmu-ilmu biomedis, klinis dan sosial serta penerapan pengetahuan ke dalam asuhan pasien dan pendidikan orang-orang lainnya.
  3. Pembelajaran dan peningkatan berbasis praktik----menggunakan bukti dan metode ilmiah untuk investigasi, evaluasi dan meningkatkan praktik asuhan pasien
  4. Ketrampilan hubungan antar manusia/interpersonal dan komunikasi----yang akan memampukan dan menjaga hubungan profesional dengan pasien, keluarga dan anggota tim kesehatan lain.
  5. Profesionalisme----terpancar dalam komitmen untuk secara terus menerus mengembangkan professionalitas, praktik-praktik etika, pemahaman dan kepekaan terhadap keragaman dan sikap tanggungjawab terhadap pasien, profesinya dan masyarakat.
  6. Praktik berbasis sistem---melalui pemahaman terhadap konteks dan sistem dimana pelayanan kesehatan diberikan.

Ada tujuan terstandar dan prosedur berbasis bukti untuk mengubah semua informasi ini menjadi sebuah keputusan mengenai kewenangan bagi seorang praktisi.  Prosedur tersebut didokumentasikan ke dalam kebijakan dan diikuti. Pimpinan staf medis dapat memperagakan bagaimana prosedur itu menjadi efektif dalam proses penugasan awal dan maupun proses penugasan ulang.

Kewenangan klinis, sekali ditetapkan atau ditetapkan ulang, harus tersedia dalam hard copy, elektronik atau cara lainnya para individu atau lokasi (contoh, kamar operasi, instalasi gawat darurat/unit emergensi) di rumah sakit dimana staf medis memberikan pelayanan. Informasi ini akan membantu memastikan bahwa praktik para staf medis ada dalam batas-batas kompetensi dan kewenangan yang diberikan kepadanya. Informasi ini diperbaharui secara berkala.

Elemen Penilaian KPS 10

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Rumah sakit menggunakan proses terstandar yang didokumentasikan dalam kebijakan resmi rumah sakit untuk memberikan kewenangan klinis bagi setiap anggota staf medis dalam memberikan pelayanan pada penugasan pertama dan pada penugasan ulang.  (lihat juga AP.3, EP 5, dan MPO.4.2, EP 2)

·     Pimpinan RS

·     Ketua Komite Medik

·     Ketua Subkomite Kredensi

·     Staf medis pelaksana pelayanan

·   Proses kredensial  dan rekredensial dalam menetapkan kewenangan klinis  dalam penugasan pertama dan ulang

0

5

10

 

Regulasi RS:

·      Kebijakan dan proses pemberian surat penugasan klinis dengan rincian kewenangan klinis  pada penugasan pertama dan penugasan ulang

·      Pedoman keputusan untuk penugasan ulang (kriteria a sd f sebagai review kinerja)

2. Keputusan memberikan penugasan ulang untuk memberikan pelayanan kepada pasien berpedoman pada item a) sampai f) pada Maksud dan Tujuan dan pada review kinerja tahunan dari para praktisi.

·   Proses penetapan penugasan ulang

0

5

10

 

3. Pelayanan pasien yang diberikan oleh setiap anggota staf medis dirinci secara jelas dan dikomunikasikan oleh pimpinan rumah sakit ke seluruh rumah sakit maupun ke anggota staf medis.

·   SPK dengan RKK di-Informasikan  oleh pimpinan rumah sakit ke seluruh unit pelayanan dan staf medis

0

5

10

 

4. Setiap staf medis hanya memberikan pelayanan medis yang secara spesifik diizinkan oleh rumah sakit.

·   Pelaksanaan pelayanan staf medis sesuai dengan rincian kewenangan kliniks yang ditetapkan

0

5

10

 

STAF MEDIS FUNGSIONAL

Monitoring dan Evaluasi Anggota Staf Medis Fungsional

·         Standar KPS 11 

Rumah Sakit menggunakan proses berkelanjutan terstandardisir (ongoing) untuk mengevaluasi sesuai kualitas dan keamanan pelayanan pasien yang diberikan oleh setiap staf medis.

Maksud dan Tujuan KPS 11

Ada proses terstandar untuk, sekurang-kuangnya setiap tahun, mengumpulkan data yang relevan tentang setiap praktisi untuk direview oleh kepala unit kerja atau panitia yang berkaitan. Review demikian memungkinkan rumah sakit untuk mengidentifikasi kecenderungan praktik professional yang memberi dampak pada kualitas asuhan dan keselamatan pasien. Kriteria yang digunakan dalam melakukan evaluasi terhadap praktik professional secara berkelanjutan meliputi tetapi tidaklah terbatas, pada hal-hal sebagai berikut :

-       Review terhadap prosedur-prosedur operatif dan klinis lain serta hasilnya

-       Pola penggunaan darah dan obat-obatan/kefarmasian

-       Permintaan untuk pemeriksaan/tes dan prosedur/tindakan

-       Pola lama dirawat (length-of-stay)

-       Data morbiditas dan mortalitas

-       Pemanfaatan praktisi terhadap konsultasi dan spesialis

-       Kriteria lain yang relevan sebagaimana ditentukan oleh rumah sakit.

Informasi ini bisa diperoleh melalui hal-hal berikut :

-       Grafik review berkala

-       Observasi langsung

-       Monitoring terhadap teknik diagnostik dan pengobatan

-       Monitoring kualitas klinis

-       Diskusi dengan sejawat seprofesi dan staf lainnya.

Penilaian aktifitas staf medis senior dan para kepala unit kerja dilakukan oleh otoritas internal atau eksternal yang layak.

Proses evaluasi yang terus menerus terhadap praktisi profesional dilakukan secara objektif dan berbasis bukti. Hasil proses review bisa berupa tidak adanya perubahan dalam tanggung jawab para staf medis,   perluasan tanggung jawab, pembatasan tanggung jawab, masa  konseling dan pengawasan, atau kegiatan yang semestinya. Setiap waktu sepanjang tahun, bila muncul fakta atas kinerja yang diragukan atau yang buruk, dilakukan review serta mengambil tindakan yang tepat. Hasil review, tindakan yang diambil dan setiap dampak atas kewenangan didokumentasikan dalam kredensial staf medis atau file lainnya.

Elemen Penilaian KPS 11

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Ada evaluasi praktik profesional terus-menerus terhadap kualitas dan keamanan pelayanan pasien yang diberikan oleh setiap anggota staf medis yang direview dan dikomunikasikan kepada setiap anggota staf medis sekurang-kurangnya setahun sekali. (lihat juga PMKP.1.1, EP 1)

·     Pimpinan RS

·     Ketua Komite Medik

·     Ketua Subkomite Kredensi

·     Ketua Subkomite Mutu

·     Ketua Subkomite Etika dan Disiplin Profesi

·     Staf pelaksana pelayanan

·   Proses evaluasi pelaksanaan pelayanan oleh staf medis minimal setahun sekali

0

5

10

 

Acuan:

·      PMK 1438/2010 tentang Standar Pelayanan Kedokteran

 

Regulasi RS:

·      SPO Pelayanan Kedokteran

·      Program kerja Komite Medik

 

Dokumen:

·      Bukti pelaksanaan evaluasi

2. Evaluasi praktik profesional yang terus-menerus dan review tahunan dari setiap anggota staf medis dilaksanakan dengan proses yang seragam yang ditentukan oleh kebijakan rumah sakit.

·   Penetapan proses evaluasi pelaksanaan pelayanan staf medis

0

5

10

 

3.  Evaluasi mempertimbangkan dan menggunakan data komparatif secara proaktif, seperti membandingkan dengan ilmu literatur kedokteran berbasis literatur.

·   Proses evaluasi yang berdasarkan pada data dan kesesuaian dengan SPO pelayanan kedokteran yang berlaku

0

5

10

 

4.  Evaluasi mempertimbangkan dan menggunakan kesimpulan dari analisis yang mendalam terhadap komplikasi yang dikenal dan berlaku. (lihat juga PMKP.5; PMKP.6; dan TKP.3.4, EP 3)

·      Proses evaluasi dengan melakukan audit medis

0

5

10

 

5.  Informasi dari proses evaluasi praktik profesional tersebut didokumentasikan dalam file krendensial anggota staf medis dan file lainnya yang relevan.

·      Pendokumentasian proses evaluasi

0

5

10

 

STAF KEPERAWATAN

Standar KPS 12.

Rumah sakit mempunyai proses yang efektif untuk mengumpulkan, memverifikasi dan mengevaluasi kredensial staf keperawatan (izin, pendidikan, pelatihan dan pengalaman)

Maksud dan Tujuan KPS 12

Rumah sakit perlu memastikan untuk mempunyai staf keperawatan  yang kompeten sesuai dengan misi, sumber daya dan kebutuhan pasien. Staf keperawatan bertanggungjawab untuk memberikan asuhan pasien secara langsung. Sebagai tambahan, asuhan keperawatan memberikan kontribusi terhadap outcome pasien secara keseluruhan. Rumah sakit harus memastikan bahwa perawat yang kompeten untuk memberikan asuhan keperawatan dan harus spesifik terhadap jenis asuhan dimana mereka diizinkan untuk memberikannya bila tidak diidentifikasi dalam peraturan perundangan. Rumah sakit memastikan bahwa setiap perawat yang kompeten untuk memberikan asuhan dan pengobatan kepada pasien secara aman dan efektif dengan cara :

-       memahami peraturan dan perundangan yang berlaku, berlaku untuk perawat dan praktik keperawatan;

-       mengumpulkan semua kredensial yang ada untuk setiap perawat, sekurang-kurangnya meliputi :

o  bukti pendidikan dan pelatihan;

o  bukti izin terbaru;

o  bukti kompetensi terbaru melalui informasi dari sumber lain dimana perawat dipekerjakan;

o  surat rekomendasi dan/atau informasi lain yang mungkin diperlukan rumah sakit, antara lain seperti riwayat kesehatan, dan sebagainya; dan

-       verifikasi dari informasi utama, seperti tanda registrasi terbaru atau surat izin, khususnya bila dokumen tersebut harus diperbaharui secara berkala, dan setiap sertifikasi serta bukti menyelesaikan pendidikan spesialisasi atau pendidikan lanjutan.

Rumah sakit perlu untuk melakukan setiap upaya untuk memverifikasi informasi penting, sekalipun bila pendidikan diperoleh di negara lain dan sudah lama berlalu. Web site yang aman, konfirmasi telepon yang didokumentasikan dari sumber tersebut, konfirmasi tertulis dan dari pihak ketiga, seperti lembaga pemerintah atau non pemerintah, dapat digunakan.

Situasi seperti yang dideskripsikan tentang staf medis dalam Maksud dan Tujuan KPS 9 dianggap sebagai pengganti yang dapat diterima bagi rumah sakit dalam melakukan verifikasi kredensial perawat dari sumber utama.

Pemenuhan standar mensyaratkan verifikasi sumber utama dilaksanakan untuk :

-       pelamar perawat baru dimulai empat bulan sebelum survei akreditasi awal

-       perawat yang dipekerjakan saat ini selama jangka waktu tiga tahun untuk memastikan bahwa verifikasi telah dilaksanakan oleh rumah sakit dengan survei akreditasi tiga tahunan. Hal ini dilaksanakan sesuai prioritas diberikan kepada perawat yang memberikan pelayanan di tempat dengan resiko tinggi seperti kamar operasi, instalasi gawat darurat atau intensive care unit.

Bila verifikasi tidak mungkin dilakukan, seperti hilangnya karena bencana, hal ini didokumentasikan.

Rumah sakit mempunyai proses untuk memastikan bahwa kredensial dari setiap perawat yang dikontrak juga dikumpulkan, diverifikasi dan direview untuk menjamin kompetensi klinis saat sebelum penugasan.

Rumah sakit mengumpulkan dan memelihara file dari setiap kredensial perawat. File berisi izin terbaru bila peraturan mengharuskan diperbaharui secara berkala. Ada dokumentasi pelatihan yang terkait dengan kompetensi tambahan.

Elemen Penilaian KPS 12

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Rumah sakit memiliki standar prosedur untuk mengumpulkan kredensial dari setiap anggota staf keperawatan.

·     Pimpinan RS

·     Ketua Komite/Manajer/Pejabat Keperawatan

·     Manajer SDM

·     Staf keperawatan

·     Staf kepegawaian

·      Proses pengumpulan kredensial untuk staf keperawatan

0

5

10

Acuan:

·      PMK 1796/2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan

 

Regulasi RS:

·      Panduan kredensial staf keperawatan

 

Dokumen:

·      Berkas kepegawaian staf keperawatan

2. Izin, pendidikan, pelatihan dan pengalamanan didokumentasikan

·      Pendokumentasian izin, ijasah, sertifikat pelatihan dan riwayat hidup (cv)

0

5

10

3. Informasi tersebut diverifikasi dari sumber aslinya sesuai parameter yang ada di Maksud dan Tujuan KPS 9

·      Proses verifikasi terhadap data kepegawaian

0

5

10

4. Ada berkas kredensial yang dipelihara dari setiap anggota staf keperawatan.

·      Pendokumentasian berkas kredensial staf keperawatan

0

5

10

5. Rumah sakit mempunyai proses untuk memastikan bahwa krendesial dari perawat yang dikontrak sahih dan lengkap sebelum pengangkatan.

·      Pengesahan kredential

0

5

10

6. Rumah sakit mempunyai proses untuk memastikan kesahihan kredensial perawat yang bukan pegawai rumah sakit, tapi mendampingi dokter dan memberikan pelayanan kepada pasien rumah sakit . 

·      Proses keabsahan kredensial staf keperawatan yang bukan pegawai rumah sakit

0

5

10

 

Standar KPS 13

Rumah sakit mempunyai standar prosedur untuk mengidentifikasi tanggung jawab pekerjaan dan untuk membuat penugasan kerja klinis berdasarkan atas kredensial staf perawat dan peraturan perundangan.

Maksud dan Tujuan KPS 13

Review kualifikasi anggota staf perawat menyediakan dasar untuk penugasan tanggung jawab pekerjaan dan kegiatan klinis. Penugasan ini dapat dideskripsikan dalam uraian tugas atau dideskripsikan dengan cara atau dokumen lain. Penugasan dibuat oleh rumah sakit sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku tentang tanggung jawab perawat dan asuhan klinis. (lihat juga MPO.6, EP 3)

Elemen Penilaian KPS 13

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Izin, pendidikan, pelatihan dan pengalaman anggota staf keperawatan digunakan untuk membuat penugasan kerja klinis.

·     Pimpinan RS

·     Ketua Komite/Manajer/Pejabat Keperawatan

·     Manajer SDM

·     Staf keperawatan

·     Staf kepegawaian

·      Penugasan kerja klinis staf keperawatan berdasarkan hasil kredensial

0

5

10

Acuan:

·      PMK 1796/2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan

·      KMK 369/2007 tentang Standar Profesi Bidan

·      KMK 378/2007 tentang Standar Profesi Perawat Gigi

2. Proses memperhatikan peraturan perundangan yang relevan.

·      Proses penugasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

0

5

10

Standar KPS 14

Rumah sakit mempunyai standar prosedur untuk staf keperawatan berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan mutu rumah sakit, termasuk mengevaluasi kinerja individu, bila dibutuhkan.

Maksud dan Tujuan KPS 14

Tugas klinis penting staf keperawatan mengharuskan mereka untuk secara aktif berpartisipasi dalam program peningkatan mutu klinis rumah sakit. Bila, pada setiap titik dalam pengukuran, evaluasi, dan peningkatan mutu klinis, kinerja staf keperawatan dipertanyakan, rumah sakit mempunyai proses untuk mengevaluasi kinerja individu. Hasil review, tindakan yang diambil dan setiap dampak atas tanggung jawab pekerjaan didokumentasikan dalam file kredensial perawat tersebut atau file lainnya.

Elemen Penilaian KPS 14

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Staf keperawatan berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan mutu rumah sakit. (lihat juga PMKP.1.1, EP 1)

·   Manajer terkait staf keperawatan

·   Kepala unit kerja keperawatan

·   Staf pelaksana keperawatan

 

·   Pelaksanaan partisipasi staf keperawatan dalam peningkatan mutu RS

0

5

10

Dokumen:

·      Bukti keterlibatan staf keperawatan dalam kegiatan peningkatan mutu rumah sakit

·      Review kinerja staf keperawatan

2. Kinerja masing-masing anggota staf keperawatan direview bila ada indikasi akibat temuan pada kegiatan peningkatan mutu.

·   Proses evaluasi kinerja

0

5

10

3. Informasi yang tepat dari proses review tersebut didokumentasikan dalam file kredensial perawat tersebut atau file lainnya.

·   dokumentasi

0

5

10

STAF KESEHATAN PROFESIONAL LAINNYA

Standar KPS 15

Rumah sakit mempunyai standar prosedur untuk mengumpulkan, memverifikasi dan mengevaluasi kredensial staf kesehatan professional lainnya (izin, pendidikan, pelatihan dan pengalaman)

Maksud dan Tujuan KPS 15

Rumah sakit mempekerjakan atau dapat mengizinkan berbagai professional kesehatan lainnya untuk memberikan asuhan dan pelayanan kepada pasien mereka atau berpartisipasi dalam proses asuhan pasien. Contohnya, para professional ini termasuk perawat, bidan, asisten operasi, spesialis pelayanan medis emergensi, farmasis dan teknisi farmasi. Dibeberapa negara atau budaya, kelompok ini juga termasuk pengobat tradisional atau mereka yang memberikan pelayanan alternatif atau pelayanan pelengkap praktik medis tradisional  (seperti, akupuntur, obat herbal).  Seringkali, petugas ini tidak secara aktual berpraktik di rumah sakit, tetapi mereka merujuk ke rumah sakit atau memberikan asuhan berkelanjutan untuk pasien di komunitas tersebut.

Banyak staf profesional ini menyelesaikan program pelatihan formal dan memperoleh izin atau sertifikat atau terdaftar di badan otoritas lokal atau nasional. Yang lainnya mungkin menyelesaikan program magang yang kurang formal atau pengalaman dibawah supervisi lainnya.

Untuk profesional kesehatan lainnya yang diizinkan bekerja atau berpraktik di rumah sakit, rumah sakit bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan memverifikasi kredensial mereka. Rumah sakit harus memastikan bahwa staf professional kesehatan lainnya tersebut kompeten untuk memberikan asuhan dan pengobatan dan harus menetapkan jenis asuhan dan pengobatan yang diizinkan bila tidak teridentifikasi dalam peraturan perundangan. Rumah sakit memastikan bahwa staf profesional kesehatan lain tersebut kompeten untuk memberikan asuhan dan pengobatan yang aman dan efektif kepada pasien dengan :

-       memahami peraturan perundangan yang berlaku untuk para praktisi dimaksud;

-       mengumpulkan semua krendensial yang tersedia setiap individu termasuk sekurang-kurangnya, bukti pendidikan dan pelatihan, bukti izin terbaru atau sertifikat bila diminta; dan

-       memverifikasi informasi esensial, seperti registrasi terbaru, izin atau sertifikasi.

Rumah sakit perlu untuk berupaya memverifikasi informasi esensial yang relevan dengan tanggung jawab individu dimaksud, sekalipun bila pendidikan didapat dari dinegara lain dan diwaktu sangat lampau. Web site yang aman, konfirmasi telepon yang didokumentasikan dari sumber, konfirmasi tertulis, dan pihak ketiga, seperti badan agensi pemerintah dan non pemerintah yang ditunjuk, dan dapat digunakan.

Situasi yang dideskripsikan tentang staf medis dalam Maksud dan Tujuan KPS 9 adalah pengganti yang akseptabel untuk rumah sakit dalam melakukan verifikasi kredensial staf kesehatan profesional lainnya dari sumber utama.

Pemenuhan standar mengharuskan verifikasi sumber utama dilakukan bagi :

-       calon baru mulai empat bulan sebelum survei akreditasi awal;

-       staf profesional kesehatan yang saat ini bekerja dalam jangka waktu tiga tahun untuk memastikan bahwa verifikasi telah dilakukan dengan survei akreditasi rumah sakit tiga tahunan.

Bila tidak diperlukan proses pendidikan formal, izin, atau proses registrasi, atau kredensial lain maupun bukti kompetensi, hal ini didokumentasikan dalam catatan individu tersebut. Bila verifikasi tidak mungkin dilakukan, seperti hilangnya berkas karena bencana, hal ini didokumentasikan dalam berkas individu tersebut.

Rumah sakit mengumpulkan dan memelihara file kredensial setiap staf professional kesehatan. File berisi izin terbaru atau registrasi bila peraturan mengharuskan perubahan berkala.

Elemen Penilaian KPS 15

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Rumah sakit mempunyai standar prosedur untuk mengumpulkan kredensial dari setiap staf professional kesehatan

·   Pimpinan RS

·   Manajer SDM

·   Ketua Komite Medik atau komite tenaga kesehatan lainnya

·   Staf pelaksana terkait

 

·      Prosedur kredensial staf tenaga kesehatan

0

5

10

Acuan:

·       PMK 1796/2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan

·       Standar Profesi

 

Regulasi RS:

·       Kebijakan/Panduan/SPO proses kredensial staf tenaga kesehatan

 

Dokumen:

·       Bukti proses kredensi

·       Berkas kepegawaian

2. Izin, pendidikan, pelatihan dan pengalaman didokumentasian, bila relevan

·      Pendokumentasian  izin, ijasah, sertifikat pelatihan, riwayat hidup dan hal lain yang relevan

0

5

10

3. Informasi tersebut diverifikasi dari sumber aslinya sesuai parameter yang ditentukan dalam Maksud dan Tujuan KPS 9

·      Proses verifikasi atas data-data tersebut

0

5

10

4. Ada catatan  yang dipelihara untuk setiap staf profesional kesehatan lainnya

·      Pendokumentasian data kepegawaian staf

0

5

10

5. Catatan tersebut bersisi salinan  izin, sertifikasi atau registrasi yang wajib

·      Kelengkapan data staf dalam berkas kepegawaian

0

5

10

6. Rumah sakit mempunyai proses untuk memastikan bahwa staf lainya yang bukan pegawai rumah sakit tetapi mendampingi dokter praktik pribadi dan memberikan pelayanan kepada pasien rumah sakit memiliki kredensial yang sahih dan sebanding dengan persyaratan kredensial rumah sakit .

·      Proses keabsahan kredensial staf yang bukan pegawai rumah sakit

0

5

10

Standar KPS 16

Rumah sakit mempunyai standar prosedur untuk mengidentifikasi tanggungjawab kerja dan menyusun penugasan kerja klinis berdasarkan pada kredensial anggota staf professional kesehatan lainnya dan setiap ketentuan peraturan perundangan.

Standar KPS 17

Rumah sakit mempunyai proses yang efektif untuk anggota staf professional kesehatan lain berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan mutu rumah sakit.

Maksud dan Tujuan KPS 16 dan KPS 17

Rumah sakit bertanggung jawab untuk mengidentifikasi jenis kegiatan atau rentang pelayanan para individu yang akan diberikan di rumah sakit. Hal ini dapat terlaksana melalui perjanjian, pengangkatan, uraian tugas, atau metode lainnya. Sebagai tambahan, rumah sakit menetapkan tingkat pengawasan  (konsisten dengan peraturan perundangan yang ada), bila ada, untuk para professional ini.

Staf professional kesehatan lainnya dimasukkan ke dalam program manajemen mutu dan peningkatan.

Elemen Penilaian KPS 16

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Izin, pendidikan, pelatihan dan pengalaman dari staf professional kesehatan lainnya digunakan untuk menyusun penugasan kerja klinis.

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Kepala unit kerja

·     Staf pelaksana kepegawaian

·     Proses penyusunan penugasan klinis sesuai standar profesi dan kompetensi staf

0

5

10

Acuan:

·     Standar profesi

 

Dokumen:

·     Dokumen penugasan

2. Proses mengindahkan peraturan perundangan yang relevan.

·     Dasar acuan proses penugasan tersebut

0

5

10

Elemen Penilaian KPS 17

TELUSUR

SKOR

DOKUMEN

SASARAN

MATERI

1. Staf professional kesehatan lainnya berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan mutu rumah sakit (lihat juga KPS 1.1, EP 1)

·     Pimpinan RS

·     Manajer SDM

·     Kepala unit kerja

·     Staf pelaksana kepegawaian

 

Proses partisipasi aktif

0

5

10

Dokumen:

·    Bukti partisipasi dalam kegiatan peningkatan mutu RS

·     Review staf bila ada indikasi terkait temuan pada upaya peningkatan mutu RS

2. Kinerja anggota staf professional kesehatan lainnya direview bila ada indikasi akibat temuan pada kegiatan peningkatan mutu.

Penilaian kinerja

0

5

10

3. Informasi yang benar dari proses review didokumentasikan dalam file staf profesinal kesehatan tersebut.

Doumentasi dan verfikasi

0

5

10